Proficiat Provinsi Sulawesi Utara – 23 September 2012

Dewan Pimpinan Organisasi (DPO) Forum Peduli Masyarakat Katombuluan (FOPMAKAT) beserta jajarannya dan Presidium Badan Musyawarah Pembentukan Kabupaten Minahasa Barat (Presidium BMPKMB) beserta jajarannya, mengucapkan Proficiat Provinsi Sulawesi Utara tanggal, 23 September 2012.

DPO FOPMAKAT & Presidium BMPKMB

Pada tanggal 23 September 1964, di saat Pemerintah Republik Indonesia memberlakukan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 1964 yang menetapkan perubahan status Daerah Tingkat I Sulawesi Utara-Tengah dengan menjadikan Sulawesi Utara sebagai Daearh Otonom Tingkat I, dengan Manado sebagai Ibukotanya. Sejak saat itu, secara de facto Daerah Tingkat I Sulawesi Utara membentang dari Utara ke Selatan Barat Daya, dari Pulau Miangas ujung utara di Kabupaten Sangihe Talaud sampai Molosipat di bagian Barat Kabupaten Gorontalo.

Dalam perjalanan panjang sampai dengan Tahun 2000, Wilayah Administrasi Propinsi Sulawesi Utara terdiri dari 5 Kabupaten dan 3 Kotamadya, yaitu : Kabupaten Minahasa, Bolaang Mongondow, Gorontalo, Sangihe dan Talaud, Boalemo serta Kotamadya Manado, Bitung dan Gorontalo.

Selanjutnya seiring dengan Nuansa Reformasi dan Otonomi Daerah, maka telah dilakukan pemekaran wilayah dengan terbentuknya Propinsi Gorontalo sebagai hasil pemekaran dari Propinsi Sulawesi Utara malalui Undang-Undang No. 38 Tahun 2000.

Pada tahun 2002 dan 2003 Propinsi Sulawesi Utara ketambahan Kabupaten Talaud berdasarkan Undang-Undang No. 8 Tahun 2002 yang merupakan hasil pemekaran Kabupaten Sangihe dan Talaud dan Undang-Undang Kabupaten Minahasa Selatan dan Kota Tomohon berdasarkan Undang-Undang No. 10 Tahun 2003 serta berdasarkan Undang-Undang No. 33 Tahun 2003 terbentuk juga Kabupaten Minahasa Utara. Ketiga daerah tersebut adalah hasil pemekaran Kabupaten Minahasa.

Akibat adanya pemekaran Propinsi Gorontalo dan ketambahan Kabupaten dan Kota, maka Propinsi Sulawesi Utara menjadi 15 wilayah administrasi Kabupaten/Kota, masing-masing :

  1. Kabupaten Bolaang Mongondow.
  2. Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.
  3. Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.
  4. Kabupaten Bolaang Mongondow Timur.
  5. Kota Kotamobagu.
  6. Kabupaten Minahasa (Induk).
  7. Kabupaten Minahasa Utara.
  8. Kabupaten Minahasa Selatan.
  9. Kabupaten Minahasa Tenggara.
  10. Kota Manado.
  11. Kota Bitung.
  12. Kota Tomohon.
  13. Kabupaten Sangihe.
  14. Kabupaten Talaud.
  15. Kabupaten Sitaro.

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda Disini :

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s