Perlu Di Umumkan Orkemas Yang Terdaftar & Tidak

Ketua Dewan Pimpinan Organisasi Forum Peduli Masyarakat Katombuluan (DPO FOPMAKAT) – Zon Kawa, SE, MM melalui Wakil Ketua DPO FOPMAKAT – N. Raymond Frans, mengatakan bahwa Pihak Pemerintah Kabupaten Minahasa lewat Kepala Badan (Kaban) Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpol & Linmas), hendaknya mengumumkan kepada publik tentang keberadaan Organisasi Kemasyarakatan (Orkemas) di tingkat Kabupaten Minahasa yang telah terdaftar dan yang belum mendaftar.

DPO FOPMAKAT & Kaban Kesbang Pol & Linmas Minahasa

Raymond menjelaskan, bahwa hal ini sangat perlu dilakukan, mengingat telah disahkan dan diberlakukannya Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (Permendagri RI) Nomor 33 Tahun 2012 tentang Pedoman Pendaftaran Organisasi Kemasyarakatan Di Lingkungan Kementerian Dalam Negeri Dan Pemerintah Daerah.

Surat Keterangan Terdaftar yang selanjutnya disingkat SKT adalah surat yang diterbitkan oleh Bupati Minahasa yang menerangkan bahwa suatu organisasi kemasyarakatan (Orkemas) di tingkat Kabupaten Minahasa telah tercatat pada administrasi pemerintahan sesuai dengan tahapan dan persyaratan.

Menurut Raymond, keabsahan suatu orkemas sangat penting, mengingat banyak orkemas di Minahasa yang berbicara atas nama masyarakat Minahasa namun tidak jelas keberadaannya. Dalam Pasal 2 Ayat 1 Permendagri RI Nomor 33 Tahun 2012, ditegaskan, bahwa setiap orkemas wajib mendaftarkan keberadaannya kepada Kementerian Dalam Negeri dan pemerintah daerah. (By. Rafans),-

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda Disini :

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s