Cabup & Cawabup Minahasa Harus Komit Pemekaran

Wakil Ketua Dewan Pimpinan Organisasi Forum Peduli Masyarakat Katombuluan (DPO FOPMAKAT) yang juga adalah Sekretaris Umum (Sekum) Presidium Badan Musyawarah Pembentukan Kabupaten Minahasa Barat (BMPKMB) – N. Raymond Frans mengatakan, bahwa tahun 2012 ini merupakan tahun politik bagi Kabupaten Minahasa di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), oleh karena akan diselenggarakan pesta demokrasi, yakni Pemilihan Umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pemilukada).

N. Raymond Frans – Wakil Ketua DPO FOPMAKAT

Raymond menjelaskan, berdasarkan peraturan Pemilukada, bahwa peserta Pemilukada adalah pasangan calon yang diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik serta juga dapat berasal dari pasangan calon perseorangan yang didukung oleh sejumlah orang.

Lebih lanjut dijelaskan Raymond, bahwa Pemilukada adalah sarana pelaksanaan kedaulatan rakyat di wilayah provinsi dan atau kabupaten/kota berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 untuk memilih Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah. Bahwa Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah adalah Gubernur dan Wakil Gubernur untuk provinsi, Bupati dan Wakil Bupati untuk kabupaten, dan Walikota dan Wakil Walikota untuk kota. Dengan demikian maka Pemilukada yang akan digelar di Kabupaten Minahasa pada tanggal, 12 Desember 2012 nanti adalah untuk memilih Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Minahasa Periode Tahun 2013 s/d 2018 sebagaimana pernah dilakukan pada tahun 2007 yang lalu.

Apakah Pemilukada Kabupaten Minahasa pada bulan Desember 2012 nantinya dapat mengulang sukses Pemilukada Kabupaten Minahasa Tahun 2007 yang lalu, masih menjadi pertanyaan besar. Yang pasti hasil Pemilukada Kabupaten Minahasa bulan Desember 2012 nanti, siapapun yang menang diharapkan dapat melanjutkan pekerjaan rumah dari Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Minahasa sebelumnya dan melahirkan program yang dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas pembangunan di Kabupaten Minahasa pada periode tahun 2013 s/d 2018, terutama dalam mencapai Tujuan Pembangunan Millennium (Millennium Development Goal’s/MDG’s) yang memberi keleluasaan kepada pemerintah kabupaten untuk mengabdikan dana otonomi bagi mewujudkan pembagunan berbasis pelayanan dan penguatan lokal (local societies) serta dapat mewujudkan aspirasi masyarakat guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat itu sendiri. Demikian Raymond.

Berdasarkan pengamatan Raymond, sampai dengan saat ini, sudah ada 5 (lima) pasang kandidat calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Minahasa yang akan bertarung dalam Pemilukada Kabupaten Minahasa 2012.

Menurut Raymond, bagi FOPMAKAT dan Presidium BMPKMB, bahwa kandidat calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Minahasa yang akan ikut bertarung pada Pemilukada Kabupaten Minahasa Tahun 2012 harus berkomitmen terhadap pembentukan Kabupaten Minahasa Barat (Minbar) untuk dimekarkan dari Kabupaten Minahasa. Hal ini menjadi kata kunci guna meraup dukungan suara dari wilayah Katombuluan, yakni yang terdiri atas Kecamatan Tombulu, Kecamatan Pineleng, Kecamatan Mandolang, Kecamatan Tombariri, dan Kecamatan Tombariri Timur atau Derah Pemilihan Satu (Dapil I). Siapa pun calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Minahasa pada Pemilukada Kabupaten Minahasa Tahun 2012, maka mereka harus mendukung aspirasi rakyat yang berada di wilayah Katombuluan, yakni menginginkan pembentukan Kabupaten Minahasa Barat (Minbar). (By : Rafans),-

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda Disini :

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s