FOPMAKAT Dukung Menanam Karang Nasional

Sekretaris Dewan Pimpinan Organisasi Forum Peduli Masyarakat Katombuluan (DPO FOPMAKAT) – Drs. Alexius Humokor, mengatakan bahwa ekosistem terumbu karang, hutan mangrove, dan padang lamun mempunyai keterkaitan ekologis atau hubungan fungsional, baik dalam nutrisi terlarut, sifat fisik air, partikel organik, maupun migrasi satwa, dan dampak pada kegiatan manusia.

Drs. Alexius Humokor – Sekreatris DPO FOPMAKAT

Apabila salah satu ekosistem tersebut terganggu, maka ekosistem yang lain juga ikut terganggu. Yang jelas interaksi yang harmonis antara ketiga ekosistem ini harus dipertahankan agar tercipta sebentuk sinergi keseimbangan lingkungan. 

Dampak manusia dan alam akan mempengaruhi ketiga ekosistem ini. Ketiga ekosistem ini saling terkait satu sama lain dan biasanya ketiga ekosistem ini bersama-sama terdapat di sekitar pesisir. Untuk itulah penting bagi ketiga ekosistem ini untuk dilestarikan dan dijaga secara sinergis sehingga terhindar dari kerusakan.

Berkaitan dengan hal tersebut, maka DPO FOPMAKAT sangat mendukung adanya Gerakan Menanam Semilyar Karang Nasional 2013 yang rencananya akan dicanangkan di Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara pada tanggal 24 Nopember 2012 mendatang.

Humokor menambahkan, bahwa disamping menanam karang hal terpenting yang juga perlu dilakukan adalah menanam mangrove dan melestarikannya disepanjang pesisir pantai Minahasa. Sebab hutan mangrove mempunyai fungsi ekologis yang sangat penting, yakni sebagai salah satu penyerap karbondioksida di udara. Peningkatan kandungan karbondioksida di udara dapat menyebabkan dampak pemanasan global. Jika terjadi pemanasan global oleh karena kurangnya hutan mangrove maka ini akan berpengaruh terhadap ekosistem terumbu karang dan lamun. Zooxanthela pada terumbu karang akan keluar dari karang akibat meningkatnya suhu perairan. Karang yang membutuhkan zooxanthela dalam memproduksi zat-zat penting bagi pertumbuhannya akan mati sehingga terjadi pemutihan karang. Demikian Humokor menjelaskan. (By. Rafans),-

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda Disini :

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s