SVR : Patuhi Moratorium Pemekaran Daerah

Bupati MinahasaDrs Stefanus Vreeke Runtu (SVR) menjelaskan, selama 10 tahun dia memimpin Kabupaten Minahasa dirinya sangat mendukung wacana pemekaran daerah dari masyarakat.

Bupati Minahasa – Drs. Stevanus Freeke Runtu

SVR mengatakan secara prinsip dirinya mendukung wacana pemekaran daerah. Dirinya menjelaskan, jika keinginan pemekaran didasarkan pada tujuan percepatan pembangunan maka dirinya pasti mendukung rencana pemekaran tersebut.

Intinya selama saya menjabat saya sangat mendukung rencana pemekaran wilayah. Saya melihat pemekaran bisa mempercepat pembangunan didaerah.

Komitmen SVR terhadap dukungan pada pemekaran memang telah terbukti. Selama masa kepemimpinannya Kabupaten Minahasa telah dimekarkan menjadi Minahasa Selatan (Minsel), Minahasa Utara (Minut), Kota Tomohon, dan Minahasa Tenggara (Mitra). Selain itu dirinya telah memekarkan hampir 100 desa dan 10 kecamatan di Minahasa induk.

Kendati memiliki prinsip mendorong dilakukan pemekaran daerah, namun SVR mengatakan saat itu pemekaran tidak bisa lagi dilakukan. Menurutnya, kebijakan moratorium pemekaran daerah oleh pemerintah pusat membuat semua wacana pemekaran harus dihentikan sementara.

Saya mendukung wacana pemekaran, namun saya juga harus menghormati dan mematuhi kebijakan moratorium pemekaran. Selama kebijakan itu masih berlaku maka Pemkab Minahasa tidak bisa melakukan pemekaran lagi.

Saat ini ada tiga wacana pemekaran yang muncul di Kabupaten Minahasa. Proposal pemekaran Kota Langowan sudah berada di Kementerian Dalam Negeri. Selain itu, rencana pemekaran Kabupaten Minahasa Tengah masih berproses di Pemkab Minahasa. Wacana pemekaran juga terjadi di bagian barat Minahasa, yaitu calon Kabupaten Minahasa Barat (Minbar). Namun untuk daerah ini masih sebatas wacana karena belum ada proposal pemekaran yang diajukan ke Pemkab Minahasa. (Editor : Rafans – Sumber, Tribun Manado, Selasa 16/10-2012),-

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda Disini :

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s