Minahasa Butuh Pemimpin Yang Populis/Merakyat

Seorang pemimpin yang populis atau merakyat, adalah cerminan dari sosok/figur seorang pemimpin yang benar-benar lahir dari bawah (bottom up). 

N. Raymond Frans – Wakil Ketua DPO FOPMAKAT

Bahwa karakteristik seorang pemimpin populis/merakyat, adalah seorang pemimpin yang begitu dekat dengan orang-orang yang dipimpinnya, dikenal dan popular, juga mengetahui dan merasakan apa yang menjadi persoalan dan permasalahan dari rakyat yang dipimpinnya serta peka untuk selalu membantu menyelesaikan setiap penderitaan yang dihadapi rakyatnya.

Demikian dikatakan Wakil Ketua Dewan Pimpinan Organisasi Forum Peduli Masyarakat Katombuluan (DPO FOPMAKAT) – N. Raymond Frans, ketika berdiskusi dengan tokoh masyarakat Nusa Utara yang berdomisili di tanah Katombuluan Minahasa (Dapil I) – Nano Managhumpia pada hari Jumat, 26 Oktober 2012 bertempat di Mokupa Resort.

Raymond menjelaskan, seorang pemimpin populis, yakni ia lahir dari para pengikutnya sehingga ia pun memiliki kemudahan untuk mendekatkan diri dan membentuk integrasi positif dalam pembangunan bersama. Ia selalu dekat dan tanpa jarak dengan rakyatnya, memiliki sense of belonging yang tinggi terhadap problema hidup para pengikutnya.

Seorang pemimpin populis, yakni yang selalu pro rakyat kecil (option for the poor). Kepentingan rakyat kecil di atas segala kepentingan lainnya, seperti kepentingan para elit politik, para pemodal, dan kepentingan kekuasaan individu.

Seorang pemimipin populis tidak akan pernah berpikir untuk menyusun istana kekuasaan individu untuk jangka waktu yang panjang, namun ia akan selalu berusaha mempersiapkan rakyatnya menuju pada peningkatan kesejahteraan sosial ekonomi dengan bekerja keras dan terlibat aktif dalam upaya serta usaha pembangunan.

Raymond yang ketika itu didampingi Wakil Sekretaris DPO FOPMAKAT – Ellen Daisy Rampengan, menambahkan bahwa daerah dan masyarakat Minahasa untuk saat ini dan kedepan, memerlukan  seorang pemimpin yang populis/merakyat, yang dapat membangun kepercayaan, memberikan harapan, dan optimisme, serta memiliki keberanian dan rasa tanggungjawab yang besar. Dengan demikian pemimpin seperti itu pasti akan membawa antusiasme, sumber daya, toleransi terhadap risiko serta tidak bertipe makelar yang memanfaatkan kekuasaanya untuk kepentingan dirinya sendiri dan kelompoknya.

Pemimpin populis/merakyat sudah pasti berkemampuan menemukan berbagai solusi terbaik dalam mengatasi persoalan dan permasalahan yang dihadapi rakyatnya dengan tetap menjunjung tinggi nilai  keadilan, langsung dapat mengambil langkah-langkah konkrit dalam menyelesaikan suatu persoalan dan permasalahan serta tidak sebatas sampai pada membuat rencana dan janji-janji manis tanpa kenyataan.

Daerah dan masyarakat Minahasa pada waktu kini sudah sangat mendesak memerlukan sosok/figur dengan track record kepemimpinan yang telah teruji, tangguh, tegas, dan berani mengambil sikap untuk berpihak kepada perubahan nasib rakyat Minahasa. (By : Rafans),- 

 

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda Disini :

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s