Minahasa Dapat Kembangkan Wisata Kesehatan

Kementerian Kesehatan RI bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI sedang berusaha mengembangkan dan memperkenalkan wisata kesehatan atau health tourism kepada dunia.

N. Raymond Frans

Wisata kesehatan (health tourism) di Indonesia meliputi dua bidang, yakni Wellness Healthy Life yang meliputi pemulihan/Rejuvenating, wellnes, pemeliharaan kecantikan, berat badan, dan kebugaran. Selain itu Medical Tourism yang meliputi tindakan medik pengobatan, seperti operasi kecantikan (cosmetic surgery), transplantasi organ, khemoterapi, fisioterapi, pijat reflexi, dan tusuk jarum (akupunktur).

Berkaitan dengan itu, N. Raymond Frans yang adalah seorang akademisi pemerhati pariwisata mengatakan, bahwa daerah Minahasa di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) memiliki kekayaan alam berupa berbagaijenis tumbuh-tumbuhan yang bekhasiat yang dapat digunakan sebagai bahan obat tradisional untuk kesehatan dan penyembuhan.

Dengan demikian memungkinkan dikembangkan suatu cara pengobatan tradisional sebagai bentuk kegiatan wisata kesehatan atau health tourism di Kabupaten Minahasa, mengingat sebesar 80 persen orang Asia dan Afrika tergantung dari obat-obatan tradisional.

Raymond yang adalah juga aktivis orkemas Fopmakat, menjelaskan bahwa saat ini masyarakat dunia sedang back to nature, artinya masyarakat dunia terlepas dari kemajuan di bidang kedokteran medis, sedang berpaling pada pengobatan naturopath (pengobatan dengan memanfaatkan tumbuh-tumbuhan alami) dengan herbal, sari pati bunga (flower essense) dan aromateraphy. Karena itu dengan kegiatan wisata kesehatan (health tourism) merupakan kesempatan yang tepat untuk memperkenalkan budaya daerah Minahasa yang kaya akan sumber daya alam khususnya tumbuh-tumbuhan berkhasiat sebagai obat tradisional yang berdampak bagi kesehatan dan penyembuhan.

Desa-desa di Kabupaten Minahasa selain memiliki nilai-nilai budaya yang tinggi, juga memiliki sumber daya arboretum yang besar. Masyarakat Minahasa secara tardisional hingga saat ini masih memakai daun-daunan, rumput, bunga, buah-buahan, dan akar-akar pohon untuk penyembuhan berbagai jenis penyakit seperti diabetes, kanker, ginjal, obesitas, dan penyakit mata. Tata cara dan kebiasan hidup masyarakat Minahasa ini, sangat berpotensi untuk dijadikan daya tarik wisata khususnya untuk kegiatan wisata kesehatan. (By : Rafans),-

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda Disini :

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s