Raymond : Politik Aliran, Tidak Laku ‘Dijual’ di Minahasa

TONDANO (BK) : Fungsionaris Forum Peduli Masyarakat Katombuluan (FOPMAKAT) – N. Raymond Frans, mengatakan, sekarang ini masyarakat Kabupaten Minahasa sudah tidak larut lagi dalam politik aliran.

N. Raymond Frans,-

Perkembangan demokrasi di Kabupaten Minahasa terkini secara faktual menunjukkan, bahwa jatuhnya pilihan masyarakat terhadap kandidat pasangan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Minahasa lebih menitikberatkan pada faktor figur.

Fenomena perpolitikan di Kabupaten Minahasa pada beberapa waktu lalu sudah sangat berbeda dengan fenomena perpolitikan saat ini.

Kalau waktu yang lalu, perpolitikan di Kabupaten Minahasa lebih ke aliran; karena yang dilihat adalah partai yang mengusung kandidat pasangan calon bupati dan wakil bupatinya, namun sekarang kekuatannya adalah terletak pada figur kandidat pasangan bupati dan wakil bupati yang bisa menarik dukungan publik.

Dalam demokrasi yang sudah maju saat ini, kandidat Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Minahasa yang bisa memanfaatkan swing voters dan bisa diterima oleh berbagai lapisan masyarakat yang akan berpotensi besar keluar sebagai pemenang dalam kompetisi politik pilihan langsung Pemilukada Minahasa bulan Desember 2012 nanti.

Raymond menjelaskan,  untuk saat ini dan ke depan, politik aliran tidak akan laku lagi di jual di Minahasa. Karena itu, kompetisi kandidat pasangan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Minahasa tahun 2012 ini adalah program nyata dari masing-masing kandidat.

Masyarakat pemilih di Kabupaten Minahasa sudah semakin rasional dalam menjatuhkan pilihan politiknya. Pertimbangan-pertimbangan psiko-sosial politik kini sudah tak terlalu dominan lagi.

Raymond yang juga adalah seorang akademisi pemerhati pariwisata dan fungsionaris Pemuda Pancasila itu mengingatkan tentang pengalaman kemenangan pasangan Jokowi dan Basuki pada Pemilukada DKI Jakarta belum lama ini. Dimana ada tiga kunci keunggulan Jokowi dalam Pemilukada DKI Jakarta, yakni kepribadian, kinerja, dan sportivitas. Kepribadian Jokowi telah benar-benar memikat hati publik Jakarta.

Jokowi senantiasa tampil dengan pribadi yang bersahaja, lembut, santun, dan rendah hati. Faktor kinerja, Jokowi berhasil memberi contoh bagaimana sistem pelayanan publik yang cepat, murah, dan sederhana ketika dia di Solo. Sikap sportif yang ditunjukkan oleh Jokowi selama berlangsungnya proses Pemilukada DKI Jakarta memberi andil atas kemenangannya. Ia mengatakan, isu suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) tidak memengaruhi pemilih untuk memilih pasangan calon Jokowi-Basuki.

Jika Kita kembali pada persiapan menghadapi Pemilukada Kabupaten Minahasa bulan Desember 2012 nanti, adakah dari kelima kandidat pasangan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Minahasa yang memiliki figur yang bisa menarik dukungan publik ?

Menurut saya, tentu ada; dan masyarakat Kabupaten Minahasa sudah tau figur itu siapa. Demikian Raymond memaparkan. (rafans – sumber, http://beritakawanua.com/berita/politik/-raymond-politik-aliran-tidak-laku-dijual-di-minahasa-.html),-

2 responses to “Raymond : Politik Aliran, Tidak Laku ‘Dijual’ di Minahasa

  1. septy s saroinsong

    Bung Raymond, semua masih di kalahkan oleh Money Politik….dan saya mengambil kesimpulan PEMILUKADA MINAHASA Tahun 2013 adalah PEMILUKADA TERBURUK di seluruh Indonesia….heheheeee (terserah pembaca setuju atau tidak) saya hanya melihat dari kacamata sebagai Jurnalis yang Independen..Dimana kekuatan UANG yang bermain tenyata mengalahkan akal sehat dan menutup mata hati para pemilih…masyarakat seakan MASA BODOH memikirkan MASA DEPAN daerah dan bangsa..dan ini adalah tanggung jawab Pemerintah saat ini….HUKUM yg selalu di perdengarkan dan di dengung2kan dengan segala tetek bengek pasal-pasal yang sebagian org hanya bingung saja mendengarkan…ternyata hanya kamuflase dari Pemerintah yg berkuasa, supaya terlihat berwibawa….sunggu sangat menyedihkan keadaan SAAT INI Bung….di tangan anda-andalah yang bisa membawa Daerah Minahasa Barat keluar dan terlahir sebagai Bayi yang suci dengan konsep baru yang tulus dengan berdasarkan kaedah keagamaan……..Semoga Sukses Minahasa Barat kami tunggu kelahiranmu…..

  2. salah memilih pemimpin maka akansengsara 5 tahun ke depan.

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda Disini :

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s